Pengertian dan Definisi Matriks

Advertisement
advertisement
Sebuah matriks adalah grid yang digunakan untuk menyimpan atau menampilkan data dalam format yang terstruktur. Hal ini sering digunakan secara sinonim dengan tabel yang berisi baris horizontal dan kolom vertikal.

Pengertian dan Definisi Matriks


Sedangkan istilah "matriks" dan "tabel" dapat digunakan secara bergantian, matriks (atau matriks) dianggap lebih fleksibel daripadatabel. Sebagai contoh, tabel umumnya memiliki jumlah tetap baris dan kolom, sedangkan ukuran matriks dapat berubah secara dinamis. Istilah "matriks" juga dapat digunakan untuk merujuk ke tabel yang memiliki kelompok kolom dalam satu baris.

Pengertian dan Definisi Matriks


Dalam komputasi, sebuah matriks dapat digunakan untuk menyimpan sekelompok data terkait. Sebagai contoh, beberapa bahasa pemrograman mendukung matriks sebagai tipe data yang menawarkan fleksibilitas lebih dari array statis. Dengan menyimpan nilai-nilai dalam matriks daripada variabel sebagai individu, program dapat mengakses dan melakukan operasi pada data lebih efisien.

Dalam matematika, matriks yang digunakan untuk menampilkan nomor yang terkait. Matriks matematika biasanya disajikan sebagai daftar nomor dalam tanda kurung siku. Sebuah matriks yang hanya berisi satu baris disebut vektor baris, sedangkan matriks yang berisi satu kolom disebut vektor kolom. Sebuah matriks yang berisi jumlah baris yang sama sebagai kolom (misalnya, matriks 4x4) disebut matriks persegi.

Catatan: Sementara istilah "matriks" memiliki arti teknis di kedua komputer dan matematika, juga digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk mendeskripsikan data terstruktur. Sebagai contoh, perbandingan grafik juga dapat disebut matriks perbandingan karena mengandung daftar nilai dalam format grid.
Advertisement
advertisement
Pengertian dan Definisi Matriks | Gilalogie | 5

0 comments:

Post a Comment