Pengertian dan Definisi Algoritma

Advertisement
advertisement
Algoritma adalah suatu set instruksi yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu. Ini bisa menjadi proses yang sederhana, seperti mengalikan dua angka, atau operasi yang kompleks, seperti memainkan file video terkompresi. Search engine menggunakan algoritma kepemilikan untuk menampilkan hasil yang paling relevan dari indeks pencarian mereka untuk query tertentu.

Pengertian dan Definisi Algoritma

Pengertian dan Definisi Algoritma

Dalam pemrograman komputer, algoritma sering dibuat sebagai fungsi. Fungsi ini berfungsi sebagai program kecil yang dapat direferensikan oleh program yang lebih besar. Sebagai contoh, aplikasi melihat gambar mungkin mencakup perpustakaan fungsi yang masing-masing menggunakan algoritma kustom untuk membuat format file gambar yang berbeda. Program editing gambar mungkin berisi algoritma yang dirancang untuk mengolah data gambar. Contoh algoritma pengolahan citra termasuk cropping, resizing, sharpening, kabur, pengurangan mata merah, dan peningkatan warna.

Dalam banyak kasus, ada beberapa cara untuk melakukan operasi tertentu dalam program perangkat lunak. Oleh karena itu, programmer biasanya berusaha menciptakan algoritma yang paling efisien mungkin. Dengan menggunakan algoritma yang sangat efisien, pengembang dapat memastikan program-program mereka berlari secepat mungkin dan menggunakan sumber daya sistem minimal. Tentu saja, tidak semua algoritma diciptakan sempurna pertama kalinya. Oleh karena itu, pengembang sering meningkatkan algoritma yang ada dan memasukkan mereka dalam update perangkat lunak masa depan. Ketika Anda melihat versi baru dari program perangkat lunak yang telah "dioptimalkan" atau memiliki "kinerja lebih cepat," itu yang paling berarti versi baru mencakup algoritma yang lebih efisien.


Advertisement
advertisement
Pengertian dan Definisi Algoritma | Gilalogie | 5

0 comments:

Post a Comment